Thursday, August 1, 2013

Kenali Potensi Diri Kita (1)

Potensi Diri itu seperti gunung es yang ada di lautan, hanya sedikit saja yang terlihat di permukaan namun yang besar tertutup oleh air.

Setiap orang sesungguhnya memiliki Potensi Diri yang besar bila saja ia mau: "Mengasah", "Melatih", dan "Memanfaatkannya". Namun sayangnya, kita sering melupakan Potensi Diri yang dimiliki sehingga pada akhirnya akan tenggelam dalam penyesalan diri yang berkepanjangan.

Apa sih Potensi Diri, itu...?

Potensi Diri tiada lain adalah kemampuan diri yang terkandung sejak kita diciptakan oleh Sang Kholiq untuk dapat dikelola menuju tercapainya kesejahteraan hidup secara mapan dan berkelanjutan. Oleh karena itu, mengenali dan mengembangkan Potensi Diri merupakan sebuah keharusan yang sangat penting untuk dapat berkarya dan berguna bagi orang lain.

Pada umumnya, kita sering mengalami hambatan-hambatan dalam mengenali Potensi Diri karena kita sering salah dalam mengukur diri sendiri. Kesalahan tersebut bisa saja terjadi karena:
  • Sering merasa lebih pandai, sehingga sering mengesampingkan saran dan pendapat yang lebih baik dari orang lain.
  • Sering merasa minder, sehingga kita selalu menonjolkan kekurangan diri daripada kelebihan diri sendiri. Akibatnya, diri kita akan selalu mengalami permasalahan dan sulit untuk berkembang.

Nah, bila kita sudah tahu tentang hambatan-hambatan dalam mengembangkan Potensi Diri, maka kita harus dapat mengenali Potensi Diri kita itu seperti apa, berikut langkah-langkahnya:
  1. Kenali Dirimu. Buatlah daftar tentang hal seperti; apa yang membuat kita bahagia, apa yang kita inginkan dalam hidup ini, apa kelebihan dan kekuatan kita dan apa saja kelemahan kita. Kemudian jawablah pertanyaan itu secara jujur dan objektif (kita juga dapat meminta keluarga, sahabat, atau orang lain yang berhubungan dengan kita untuk menilai diri kita).
  2. Tentukanlah Tujuan Hidup. Buatlah draf tujuan hidup kita secara realistis yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi diri.
  3. Carilah Sumber Motivasi Hidup. Kenali sumber motivasi hidup kita, hal apa saja yang dapat membuat kita bersemangat.
  4. Hilangkan Perasaan Negatif. Buanglah jauh-jauh semua perasaan dan fikiran negatif yang dapat menghambat kemajuan diri kita sendiri.
  5. Jangan Mengadili Diri Sendiri. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam tujuan awal kita, maka jangan menyalahkan diri sendiri terus-menerus, langsung bangkitlah dan tatap masa depan kembali lalu jadikan kegagalan itu sebagai sebuah pelajaran dan pengalaman.
  6. Bukalah Lebar-lebar Pintu Kritikan. Selalu lapang dada untuk menerima sebuah atau banyak kritikan dari orang lain untuk mengetahui dimana saja kekurangan kita meskipun mungkin akan terasa menyakitkan.

Bersambung...

No comments:

Post a Comment