Tuesday, August 13, 2013

Kita Bisa Bila Kita Berfikir Bisa !

Selama ini mungkin saja kita telah menutup mata, telinga, fikiran, diri sendiri, dan bahkan menutup hidup kita sendiri dari berbagai peluang hidup. Padahal, peluang-peluang hidup tersebut selalu melewati kita setiap harinya dan bahkan mungkin setiap detik. Bagi saya, hal ini adalah sebagai belenggu yang dapat menyebabkan keterbelakangan diri kita sendiri.

Salah satu penyebab keterbelakangan diri kita yang membelenggu tersebut, mungkin saja disebabkan oleh rasa "Takut". Rasa takut ini mungkin saja bukan lagi rasa yang timbul sesaat, tetapi bisa jadi telah berakar kuat di dalam diri kita selama bertahun-tahun.


Ada sebuah cerita tentang seekor gajah yang dari kecil telah dirantai kakinya dengan rantai besi sepanjang 5 meter. Jadi secara otomatis, gajah kecil itu hanya dapat melangkah dalam radius lingkaran 5 meter saja. Setelah gajah kecil tersebut dewasa, dan rantai di kakinya itu diganti dengan seutas tali yang sangat tipis, ternyata ia tetap hanya melangkah berjalan dengan radius lingkaran yang sama seperti saat ia dirantai dengan rantai besi. Maka dari cerita seekor gajah ini, dapat kita simpulkan bahwa gajah tersebut telah mengalami sebuah trauma yang menyebabkan ia menjadi takut sehingga tidak pernah berani lagi melangkah lebih dari jarak panjang rantai yang telah membelenggunya sedari kecil.

Nah..., kita sebagai manusia yang telah diberikan akal oleh Alloh SWT, ternyata juga pernah mengalami sebuah trauma yang dapat menyebabkan rasa takut pada diri kita. Rasa takut yang mulanya kecil namun terus terpelihara selama bertahun-tahun, maka akan menjadi sebuah belenggu bagi diri kita yang terkadang sulit untuk dilepaskan.

Misalnya, saat sedari kecil kita takut mengendarai sebuah sepeda karena pernah jatuh disaat kita belajar mengendarainya. Bisa jadi setelah dewasa, kita tidak akan pernah berani untuk mengendarai sebuah motor. Atau ada seorang pegawai yang telah bekerja selama 10 tahun lebih, ketika ditawari sebuah jabatan yang lebih tinggi lagi, ternyata dia menolak karena merasa takut tidak dapat melaksanakan jabatan tersebut yang berbeda dari disiplin ilmunya.

Jadi..., rasa takut yang timbul pada diri kita itu, merupakan sebuah belenggu yang telah mengikat kita untuk dapat berbuat lebih maju lagi. Ayo coba lihat diri kita lagi, masih adakah belenggu-belenggu yang masih mengikat diri kita...? Kalau masih ada, ayo putuskan sekarang juga...! Bergeraklah maju dan jangan takut untuk gagal. Kita akan bisa jika kita berfikir bisa, dan kita akan gagal kalau kita berfikir gagal. Maka daripada itu, kita harus selalu berfikir BISA...! Mulailah melangkah sedikit demi sedikit bila masih gamang, lalu berlari cepat setelah kita lebih yakin lagi. Jangan sia-siakan setiap peluang untuk maju, untuk berhasil. Karena apa...? Karena itu adalah untuk diri kita sendiri...!

Salam Sukses Untuk Kita Semua...!

No comments:

Post a Comment