Saturday, August 24, 2013

Tambah Kecerdasanmu Sekarang...! (1)

Kecerdasan (IQ = Intelligence Quotient) merupakan suatu kemampuan umum dari seseorang dalam hal bagaimana ia memecahkan masalah hidupnya sehari-hari. Setiap orang pasti memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, tidak ada yang sama persis. Namun, meskipun kecerdasan setiap orang itu berbeda-beda, kecerdasan yang dimiliki dapat ditingkatkan ataupun dapat hilang sama sekali.

Tentunya, kita semua ingin kecerdasan yang dimiliki dapat bertambah cerdas setiap harinya, dan untuk itu diperlukan beberapa cara untuk meningkatkannya.  Kali ini, kita coba membahas bagaimana cara meningkatkan kecerdasan yang kita miliki supaya bertambah cerdas setiap harinya. Monggo disimak ya...!

Membaca Adalah Sebuah Langkah Awal Untuk Mencapai Otak Yang Baik

Membaca merupakan cara yang dapat meningkatkan fungsi dari otak dan berhubungan langsung dengan kecerdasan yang tinggi. Seseorang yang dapat membaca dengan baik ketika kecilnya , biasanya dapat berprestasi dengan baik di sekolahnya waktu itu dan kemudian ia bisa masuk kedalam kelas favorit. Bagaimana caranya supaya kita dapat rajin membaca...? Tentunya dengan cara kita harus membaca sesuatu untuk meningkatkan minat kita terhadap membaca.

Mulailah membaca sesuatu sesering mungkin setiap harinya. Tunjukkan kepada diri kita bahwa buku itu adalah sesuatu yang istimewa, dimana setiap lembarnya dapat berisi sesuatu yang bermanfaat. Bila terdapat hal-hal yang menarik perhatian dihalaman tertentu, bacalah lagi dan biarkan keingintahuan kita dengan mengeksplorasi halaman itu kembali. Jangan pernah malu bila kita hanya selalu memperhatikan atau hanya senang membaca di halaman yang itu-itu saja, biarkan saja, karena tujuan utama kita adalah supaya membaca dapat dijadikan sebagai sebuah kebiasaan yang baik nantinya.

Supaya kita atau orang-orang yang ada dirumah kita itu rajin membaca, tentunya kita harus menyediakan buku-buku dirumah kita dengan beragam. Sediakanlah berbagai macam jenis buku di rumah, apakah itu buku cerita, novel, majalah, koran, buku pelajaran, buku ilmu pengetahuan, atau lainnya, supaya diri kita atau orang-orang yang ada di rumah kita tertarik untuk membacanya.

Tambahlah ragam bukunya setiap hari atau setiap minggu atau setiap bulannya untuk memberikan pilihan judul untuk dibaca. Kalau bisa, sediakanlah buku-buku yang cerita atau isinya bersambung, supaya dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis di otak kita.


No comments:

Post a Comment