Sunday, August 25, 2013

Tambah Kecerdasanmu Sekarang...! (2)

Latih Otakmu Supaya Bertambah IQ / Kecerdasanmu.
Semua orang pasti ingin mengetahui bagaimana caranya supaya dapat meningkatkan kinerja otak dan menambah nilai IQ atau kecerdasannya. Para ilmuwan percaya bahwa kita dapat meningkatkan nilai atau score IQ berkisar antara 10 sampai 20 poin, yaitu dengan cara "Melatih Otak". Bagaimana sih caranya melatih otak itu...? Disini akan saya beberkan beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan kekuatan otak kita dan menambah nilai IQ atau kecerdasan kita. Yuk dipelototin poin-poinnya...

  1. Bermain Puzzle. Salah satu kegiatan atau aktivitas yang dapat menambah tingkat kecerdasan kita adalah dengan bermain puzzle atau permainan sejenisnya.
  2. Membersihkan Rumah. Ternyata, aktivitas kita untuk membersihkan rumah dapat meningkatkan kecerdasan karena dengan melakukan hal tersebut dapat menyambungkan kembali urat-urat syaraf di otak. SubhanAlloh, berbanggalah kalian para wanita dan para ibu yang rajin membersihkan rumah kalian. Ayo yang laki-laki atau yang bapak-bapak, jangan mau ketinggalan ya..., supaya otak kita bisa menjadi cerdas.
  3. Membiasakan Hidup Terampil. Jangan sepelekan hal-hal kecil seperti ini: menulis, menyikat gigi, mandi teratur, tidur teratur, mendengarkan musik atau melakukan kegiatan seni lainnya, ternyata dapat menambah nilai kecerdasan kita. Intinya, "Disiplin".
  4. Belajar Sulap. Dengan belajar sulap meskipun kecil-kecilan, dapat menarik otak untuk berfikir kritis terhadap aktivitas yang kita lakukan tersebut.
  5. Menghirup Aroma Minyak Wangi. Dengan begitu, hal tersebut dapat merangsang dan melatih otak kita untuk mengingat dan merasakan perbedaannya.
  6. Melakukan Olahraga Ekstrim. Ya tidak apa-apalah, sesekali kita melakukan sebuah olahraga yang ekstrim, seperti skateboard, panjat tebing, terjun payung, dan lainnya. Tetapi tentunya juga memperhatikan tindakan keselamatannya, ya... :-)
  7. Melihat Pertunjukan Komedy. Hiburlah diri kita dengan sesekali melihat acara lawakan dan sejenisnya. Biarkan diri kita tertawa sepuasnya dan nikmatilah...
  8. Tidur Yang Cukup. Hal ini dapat membuat otak kita rileks dan optimal dalam bekerja nantinya.
  9. Berhitung Tanpa Kalkulator. Biasakan diri kita untuk menghitung segala sesuatu tanpa menggunakan kalkulator. Mungkin sedikit menyusahkan tetapi hal ini dapat melatih otak kita untuk berfikir kritis dan mengingat lebih lama.
  10. Mendengarkan Musik Klasik. Hal ini dapat membuat otak menjadi rileks.
  11. Belajar Sesuatu Yang Baru setiap Hari. Hal ini dapat membuat otak menjadi tertantang untuk mengembangkan dirinya.
  12. Bermain Catur.
  13. Bermain Video Game. Tapi jangan sampai lupa waktu ya...
  14. Konsumsi Makanan Yang 4 Sehat 5 Sempurna. Ini wajib supaya kesehatan otak terjaga.
  15. Berolahraga Secara Teratur.
  16. Membaca Buku.
  17. Belajar Bahasa Yang Baru.
  18. Belajar Membaca Cepat.
  19. Jalan Santai.
  20. Minum Air Putih Yang Cukup.
  21. Ikut Acara-acara Debat.
  22. Membaca dan Menghafal Al-Qur'an. Nah untuk yang satu ini merupakan penyumbang terbesar supaya tingkat kecerdasan otak kita bertambah. Semua kinerja otak akan optimal. Selain rasa rileks pada otak, otak juga akan tertantang untuk bekerja dan mengembangkan kapasitasnya.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat melatih dan meningkatkan kinerja serta kemampuan otak untuk menambah nilai kecerdasan kita. Ibarat seorang atlit, otak juga perlu mendapatkan sebuah latihan setiap harinya supaya dapat bekerja semaksimal mungkin dan bahkan dapat membuatnya berkembang lebih dari biasanya.


No comments:

Post a Comment