Monday, August 26, 2013

Tambah Kecerdasanmu Sekarang...! (3)

Meningkatkan Kecerdasan (IQ) Dengan Latihan
Otak juga sama seperti "Urat" atau "Otot", dimana juga membutuhkan nutrisi, oksigen, dan sebuah "latihan" untuk melakukan pekerjaannya. Untuk itu, berikut di bawah ini adalah tips-tips yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasanmu meskipun terlihat sepele atau tidak begitu penting namun memiliki manfaat yang sangat luar biasa terhadap otak kita. Apa sajakah itu...?

Selalu sarapan pagi dengan makanan yang bergizi. Otak juga menggunakan zat glukosa untuk digunakannya sebagai sumber energi, maka, dengan sarapan pagi yang bergizi akan membantu kita dalam pemecahan sebuah masalah, membantu dalam konsentrasi, membantu memori otak kita, dan semua performa mental kita. Jangan ikuti mood kita untuk sarapan pagi. Lakukanlah sarapan pagi karena otak juga memerlukan tenaga untuk bekerja. Pastikan sarapan pagi kita mengandung zat Omega 3, zat besi, dan Asam Folat, untuk menghindari otak kita dari dehidrasi dan kekurangan oksigen.

Pastikan makanan yang kita konsumsi banyak mengandung zat yang antioksidan. Mengapa...? Karena zat ini dapat melindungi segala sel di dalam tubuh termasuk juga otak kita. Apa sajakah makanan yang mengandung zat antioksidan yang tinggi...? Seperti bluberi, acaiberi, blackberry, kismis, bawang putih, cranberry, bayam, strawberi dan raspberi.

Keluar dan Bergeraklah. Pergerakan adalah bagian penting dari sebuah proses pembangunan dan pembelajaran. Berolahraga tidak hanya membantu meningkatkan kemampuan berfikir kritis, tetapi ia juga meningkatkan suasana fikiran dan zat kimia di dalam otak seperti serotonin dan adrenalin yang berguna untuk menambah kinerja otak. Dengan bergerak atau berolah raga, kita dapat terhindar dari penyakit hilang ingatan, dapat menajamkan fikiran, dan meningkatkan kerja hati sampai pada puncaknya.

Sholat atau Sembahyang. Bagi ummat yang beragama, ternyata kegiatan ibadah seperti sholat atau sembahyang itu dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menjadi cerdas. Para ahli neuropsychologist mempercayai bahwa kegiatan ibadah seperti sholat atau sembahyang atau yoga dapat mengubah susunan otak menjadi lebih baik lagi. Dengan melakukan sholat atau sembahyang dapat menangkal penyakit seperti bingung atau bengong hingga hilang ingatan.

Bermain. Ternyata bermain juga dapat meningkatkan kinerja otak supaya menjadi lebih pintar atau cerdas. Banyak permainan seperti sudoku, catur, puzzle, bola kaki, petak umpet, atau permainan lainnya yang membutuhkan pergerakan tubuh, dapat membantu secara maksimal untuk meningkatkan kemampuan otak. Tapi yang perlu diingat adalah jangan sampai kita lupa waktu, ya... :-)

Bersambung ke..., Tambah Kecerdasanmu Sekarang...! (4).

No comments:

Post a Comment